Cara Membuat Pivot Table Sederhana
Cara Membuat Pivot Table Sederhana
Pivot Table merupakan sebuah tools
pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, serta
mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk
tabel-tabel.
Fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.
Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.
Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Pivot
Table
Beberapa
hal-hal berikut ini dapat berpengaruh pada saat membuat data dengan pivot table
:
- Setiap data yang akan dilakukan pivot table harus berisi header, hal ini akan menyebabkan jika terdapat salah satu header dalam rentang sel /array yang dipilih tidak berisi judul, maka pembuatan pivot table tidak dapat dilakukan.
- Pivot table akan mengambil baris paling atas sebagai field yang akan digunakan untuk report.
- Kolom yang tersembunyi / hide akan tetap muncul pada field di pivot table field list.
- Baris yang tersembunyi akan tetap dihitung nilainya jika terdapat di dalam array yang dipilih sebagai sumber data.
- Pemilihan jenis data (value field settings) akan berpengaruh pada hasil nilai yang akan ditampilkan.
Cara Membuat Pivot Table
Untuk dapat
membuat sebuah pivot table, sobat harus mempunyai data untuk dilakukan
simulasi. Contoh data yang bisa digunakan untuk simulasi cara membuat pivot
table, bisa dilihat pada gambar pivot table 1 dibawah
ini.
Contoh data diatas terdiri dari lokasi, nama customer, kode barang, jumlah, harga jual, dan total penjualan pada kolom A sampai kolom G.
Dari data-data tersebut akan disajikan jumlah dan total penjualan berdasarkan kode barang (kolom C) dengan menggunakan tools pivot table.
Langkah-langkah dalam membuat pivot table :
- Dari menu insert sobat pilih PivotTable pada kelompok table (disitu terdapat dua pilihan yaitu pivot table dan pivot chart), sobat pilih saja pada pivot table kemudian akan muncul form create pivot table.
- Pada select a table or range sobat silahkan blok data yang akan dilakukan pivot table (pada contoh simulasi ini adalah array A2:G14 yang dipilih).
- Kemudian pilih lokasi hasil pivot table akan ditempatkan pada choose where you want the PivotTable report to be place. Disini terdapat 2 pilihan yaitu :
- New worksheet apabila sobat ingin menempatkan hasil pivot table pada worksheet baru yang masih kosong .
- Existing worksheet apabila sobat ingin hasil Pivot Table pada sheet yang sama dengan data yang akan di Pivot Table dengan memilih sel yang akan ditempatkan.
Jika
pemilihan data dan penempatan data sudah dilakukan, sobat bisa tekan tombol ok
untuk membuat dan memilih penyajian data pada pivotTable field list.
Hasil Pivot Table
Pada form
PivotTable field list ini, sobat bisa memilih field-field atau item-item yang
akan dipilih untuk disajikan dalam bentuk table.
Contoh
pemilihan datanya sobat bisa lihat pada tampilan gambar pivot table 2
dibawah ini.
Cara untuk
memilih field /data yang akan digunakan adalah dengan mencentang field-field
yang terdapat pada choose fields to add to report.
Field
berdasarkan data yang akan dicari ditempatkan pada report
filter / row labels / column labels sedangkan
field yang akan dicari nilainya ditempatkan pada values.
Field-field
pada data yang akan dicari sobat excel bisa pindahkan sesuai dengan keinginan
data pivot table disajikan
- Report filter jika penyajian data terdapat filter.
- Row labels jika penyajian data dalam bentuk baris (seperti pada contoh diatas).
- Column labels jika penyajian data dalam bentuk kolom.
Selain
memilih salah satu cara penyajian diatas, apabila ketentuan penyajian data
lebih dari satu kriteria, sobat bisa memadukan penggunaannya.
Sedangkan
pada values (field yang akan dicari nilainya) terdapat beberapa pilihan nilai
yang akan disajikan. Secara default biasanya pencarian nilai ini adalah sum
(berdasarkan jumlah nilai).
Apabila sobat ingin mencari nilai berdasarkan
bentuk lainnya (jumlah sel, nilai rata-rata dan sebagainya) silahkan diganti
dengan cara klik pada (sum of jumlah) lalu pilih value field settings kemudian
pilih pada pilihan yang diinginkan.
Kesimpulan
Dengan
menggunakan tools pivot table pada excel, sobat bisa meringkas penyajian suatu
data untuk mempermudah dalam melihat serta melakukan analisa terhadap suatu
data.
Sumber: rumus-fungsi-excel.blogspot.com
Jika agan mau format word artikel ini agan bisa mengunduhnya DISINI
Terimakasih sudah berkunjung.
Post a Comment for "Cara Membuat Pivot Table Sederhana "