Fungsi Rumus HLOOKUP Excel
Pengertian
dan Penulisan HLOOKUP
Fungsi dari Microsoft Excel
HLOOKUP adalah melakukan pencarian horisontal dengan mencari nilai di baris
atas sebuah tabel dan mengembalikan nilai dalam kolom yang sama berdasarkan
index_number tersebut.
Penulisan
dari rumusan HLOOKUP bisa Anda lihat dai bawah ini:
HLOOKUP(
value, table, index_number, [not_exact_match] )
Parameter
atau Argumen adalah:
Value adalah nilai untuk mencari pada
baris pertama dari tabel
Table adalah dua atau lebih baris data yang diurutkan dalam urutan menaik.
index_number adalah jumlah baris dalam tabel yang mana nilai yang sesuai harus dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
not_exact_match adalah opsional. Ini akan menentukan apakah Anda sedang mencari nilai yang sama persis.
Table adalah dua atau lebih baris data yang diurutkan dalam urutan menaik.
index_number adalah jumlah baris dalam tabel yang mana nilai yang sesuai harus dikembalikan. Baris pertama adalah 1.
not_exact_match adalah opsional. Ini akan menentukan apakah Anda sedang mencari nilai yang sama persis.
Masukkan
FALSE untuk menemukan nilai yang sama persis. Masukkan TRUE untuk menemukan
perbandingan perkiraan nilai, yang berarti bahwa jika nilai yang sama persis
jika tidak ditemukan, maka fungsi HLOOKUP akan mencari nilai terbesar
berikutnya yang kurang dari nilai yang dicari tersebut. Jika parameter ini
diabaikan, HLOOKUP akan kembali ke perbandingan perkiraan nilai.
Hal yang
Perlu Diingat
- Jika index_number kurang dari 1, fungsi HLOOKUP akan menunjukkan hasil #VALUE !.
- Jika index_number lebih besar dari jumlah kolom dalam tabel, fungsi HLOOKUP akan menunjukkan hasil #REF !.
- Jika Anda memasukkan FALSE untuk parameter not_exact_match dan tidak ada nilai yang sama persis seperti yang ditemukan, maka fungsi HLOOKUP akan menunjukkan hasil #N/A.
Rumus fungsi
HLOOKUP ini dapat Anda aplikasikan pada beberapa versi Excel, seperti Excel
2013, Excel 2011 for Mac, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2003, Excel XP, Excel
2000.
Contoh
Penggunaan Rumus
Di sini,
telah disediakan contoh lembar kerja untuk mempermudah pemahaman tutorial ini
dan menunjukkan bagaimana menggunakan fungsi HLOOKUP. Lembar kerja ini berisi
item, kode item dan harga barang untuk toko kelontong fiktif.
Inilah yang
data yang dimiliki oleh toko kelontong fiktif
Contoh data penggunaan rumus excel
hlookup
Fungsi
HLOOKUP sangat mirip dengan fungsi MATCH dan LOOKUP. Fungsi MATCH sangat
membantu Anda dalam hal mencari dan memberikan data yang Anda inginkan,
sedangkan fungsi LOOKUP akan memungkinkan Anda menguasai lembar kerja Anda.
Cara
Menggunakan Fungsi HLOOKUP di Excel
Ada dua cara
untuk mengakses fungsi built-in yang dibawa oleh Excel. Jika Anda tahu
nama-nama fungsi tersebut, maka Anda dapat mengetik fungsi langsung ke sel
target di mana Anda inginkan jawabannya muncul dan juga menambahkan berbagai
parameter yang diperlukan untuk fungsi tersebut. Jika Anda tidak tahu nama
fungsi yang dibawa oleh Excel atau parameter yang diperlukan, maka Anda dapat
memilih fungsi dari menu rumus di Excel. Tutorial ini akan menunjukkan metode
yang digunakan untuk mengakses fungsi.
Untuk
menggunakan formula, Anda perlu tahu rumus apa yang digunakan dan parameter
rumus apa yang dibutuhkan untuk menghitung jawaban atau dalam hal ini mencari
jawabannya. Fungsi HLOOKUP mencari data pada tabel atau array dalam Excel untuk
nilai tertentu dan kemudian mengembalikan nilai yang sesuai dari kolom data.
Mari kita
mempelajari bagaimana kita dapat menerapkan fungsi ini dalam data contoh kita
di atas tadi.
Cara menggunakan Rumus HLOOKUP untuk Menemukan Harga
Item
Mari kita
asumsikan bahwa kita ingin menuliskan nama item dan memiliki harga yang sudah
tercantum di dalam lembar kerja Excel. Untuk memudahkan pekerjaan ini kita
perlu menggunakan fungsi HLOOKUP.
Untuk
menggunakan fungsi, pilih sel target yang ingin Anda munculkan jawabannya, lalu
pilih menu formula dari menu bar di Excel. Pilih tap Lookup & Reference
untuk mengakses fungsi HLOOKUP.
data olahan untuk rumus hlookup
excel
Pilih
HLOOKUP dan kemudian tambahkan parameter di jendela rumus. Maka inilah rumus
HLOOKUP di atas akan terlihat seperti di bawah ini:
Memproses data dengan rumus hlookup
excel
Parameter
lookup_value memberitahu Excel apa yang kita cari. Dalam hal ini kita telah
mengetik Apel sehingga Excel akan mencari “Apel” dalam tabel yang kita punya.
Parameter table_array memberitahu Excel tabel mana yang nilainya sedang dicari.
Parameter Row_index_num memberitahu Excel untuk mengembalikan nilai di baris
tertentu jika menemukan nilai yang kita cari. Dan terakhir, parameter FALSE
memberitahu Excel untuk menemukan nilai yang sama persis untuk kondisi
pencarian yang kita inginkan.
Fungsi
HLOOKUP mencari item dalam tabel dan mengembalikan nilai dalam indeks baris
yang sesuai. Sedangkan fungsi VLOOKUP dalam Excel adalah melakukan pencarian
dalam tabel atau array dan mengembalikan nilai dari indeks kolom yang sesuai.
Jika Anda data disimpan dalam bentuk kolom bukan array, maka Anda harus
menggunakan fungsi dari VLOOKUP untuk memudahkan pekerjaan Anda. VLOOKUP dan
HLOOKUP merupakan bagian dari beberapa fungsi yang canggih
Dari
pekerjaan di atas, maka kita akan mendapatkan hasil seperti berikut:
contoh hasil pemanggilan data dengan
rumus excel hlookup
Kita dapat
membuatnya lebih mudah. Mari kita asumsikan ada sejumlah orang yang bekerja di
toko dan mereka ingin mencari item dan harga tanpa belajar bagaimana
menggunakan fungsi HLOOKUP. Alih-alih menggunakan “Apel” sebagai parameter
untuk lookup_value, kita dapat menetapkan nilai sel pada lookup_value dan
kemudian karyawan hanya tinggal mengetikkan nama item.
Lalu
bagaimana jika kita sedikit melakukan perubahan? Inilah formula baru kita yang
akan kita lihat ketika kita menggunakan C2 sebagai lookup _value:
contoh rumus hlookup dan contohnya
Jika
karyawan kita mengetikkan Jeruk di C2, maka Excel akan mencari “Jeruk” dan
kembali dengan menunjukkan harga untuk item yang dimaksud:
hasil olah data dengan rumus hlookup
dan contohnya
Kita dapat
membuat proses ini lebih mudah bagi karyawan kita dengan membuat daftar
dropdown bagi karyawan untuk memilih, daripada harus mereka mengetikkan nama
item secara manual.
Untuk
membuat daftar dropdown, pilih sel C2 – ini adalah di mana kita ingin
memunculkan daftar dropdown, kemudian pilih Data Validation dari menu Data
seperti di bawah ini:
contoh validasi data rumus hlookup
Untuk menu
souce, isikan rumus berikut =$C$5:$I$5
Maka kita
akan mendapatkan hasil sebagai berikut:
contoh hasil akhir pemrosesan data
dengan rumus excel hlookup
Untuk
membuat menu dropdown semua nama-nama item, pilih daftar dari menu dan pilih
kisaran sel yang akan dimasukkan ke dalam kotak dropdown.
Anda juga
bisa membuat daftar dropdown dengan mengacu pada rentang dari lembar kerja
Anda. Sekarang Anda atau karyawan Anda dapat dengan mudah mengklik daftar item
pada menu dropdown, dan memilih item serta harga yang sesuai dan secara
otomatis Excel akan memunculkan harga dalam kolom harga.
Terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Fungsi Rumus HLOOKUP Excel"